Pages

Monday, February 27, 2012

Patriotisme Schweik


Prajurit Schweik  ,sosok  yang eksentrik, bodoh, tetapi memiliki kesetiaan  dan  ketulusan yang tinggi. Sebelumnya, dia pernah dikeluarkan dari resimen 91 karena terbukti lemah akal. Pada saat ada wajib militer, sekali lagi dia terpanggil membela Austria berperang melawan Rusia. Dengan semangat patriotisme tinggi, dipenuhinya panggilan tersebut. 

Schweik yang bodoh, selalu terlibat dalam masalah. Niat baiknya pun sering berujung petaka bagi orang lain. Namun, karena kepolosan dan memang hatinya tulus, masalah dan bahaya segawat apapun tidak pernah  disadarinya. Tidak dikenalnya istilah takut, bahkan, Schweik selalu berhasil lolos.  Sosok ini sedikit mengingatkan saya pada Mr. Bean, yang selalu sukses membuat saya tertawa. Sama- sama gayanya  polos tanpa dosa dan  banyak akal yang ‘aneh’  .   Hanya sebagai tambahan, Schweik ini sangat patriotis dan loyal.


Di sinilah keunikan novel ini. Memang tepat jika dikatakan bahwa ini adalah novel humor satirik. ‘Kengerian ‘ yang  biasanya menyelimuti suasana perang , prajurit yang harus loyal  pada atasan,  bagaimana  menjadi tahanan , dikemas  dalam humor  melalui ucapan, pikiran, dan tingkah Schweik yang lain daripada yang lain.

Pengarang novel ini adalah Jaroslav Hasek, kelahiran Praha tahun1883. Pernah bekerja menjadi juru tulis bank, namun karena ingin mengikuti kegemarannya bertualang dan cara hidup yang eksentrik pekerjaan itu ditinggalkannya. Pada masa Perang Dunia 1 ia masuk angkatan perang Austria, dan sempat ditahan beberapa tahun di dalam barak tahanan Rusia. Sehabis perang ia kembali ke Praha dan menulis novel ini.

Judul : Prajurit Schweik
Pengarang : Jaroslav Hasek
Penerjemah : Djokolelono
Penerbit : Pustaka Jaya
Edisi : Cetakan 3, 2008
Tebal : 279 hlm.

0 comments:

Post a Comment

thx for your comments..:)